Mengapa Harus Matematika?

images (1)

Matematika, sepertinya pelajaran yang satu ini seperti monster di bangku sekolah maupun di kalangan mahasiswa. Terkadang orang-orang menyebutnya matimatika😀 satu kata yang mengandug dua kali kata mati. Jadi terbayang sudah betapa mengerikannya matematika.

Padahal tanpa kita sadari matematika sudah menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari. Contoh penerapan matematika secara sederhana misalnya

kamu ingin berbelanja, tentuu kamu harus bisa menghitung apakah harga barang belanjaan yang kamu beli kurang dari uang yang kamu bawa. Kalau nggak bisa-bisa malu deh depan mbak kasir karena harus ngebalikin lagi barangnya krena gak cukup tuh uang. Simple tapi bahaya juga klo kejadian. Contoh lainnya, misalnya kamu membeli satu kotak pizza dan semuanya harus dibagi dengn saudar-saudaramu. Tentu kamu harus bisa pembagian kan? biar adil.😀

Nah, kalo pengurangan, penjumlahan, pembagian, dan perkalian sih sudah gak diragukan lagi pasti kepakek dalam kehidupan sehari-hari. Masalahnya sekarang untuk apa belajar yang abstrak-abstrak seperti SPLDV, matriks, Kalkulus, aljabar, Geometri, dan makhluk lainnya itu?? Hehehe.. ;D

Sob, kalo kamu udah ngerasa cukup dengan opersai-operasi sederhana itu aja sih gak asik. Ilmu itu berkembang. Jadi kita harus terus menupdate ilmu-ilmu yang udah ada. Pada dasarnya materi-materi itu dibuat dan rumus-rumus itu dibuat oleh matematikawan pasti berguna deh. ngapain dia menciptakan hal-hal yang gak berguna.

Setidaknya semakin sering kita dihadapkan dengan persoalan matematika yang membuat otak kita berfikir. Otomatis otak ini gak akan tumpul. Jadi sudah tebiasa berfikir kritis dan kemampuan untuk menganalisis masalah jadi lebih tajam.

Namun ternyata, matemtaika itu terpakai di bidang-bidang lain juga loh misalnya kedokteran, teknik sipil, ekonomi , apalagi akutansi..

1. Aplikasi Matematika(kalkulus) dalam ilmu kedokteran

Semakin banyaknya orang yang mendambakan kepraktisan mengakibatkan trend penyakit bergerser ke arah tumor dan kanker. Untuk kanker sendiri, penyebab utamanya adalah zat karsinogenik yang biasanya terbentuk oleh makanan yang bersentuhan dengan api secara langsung, banyak dijumpai pada makanan yang dibakar. Ayam bakar dan kawan-kawan memang lezat, namun kita tetap harus menjaga diri dari penyakit kanker. Berkembangnya teknologi kedokteran menjadikan pengobatan kanker yang tadinya menggunakan kemoterapi (yang sakitnya minta ampun), beralih ke pengobatan dengan high energy inonizing radiation yang relatif lebih cepat, lebih efektif dan lebih nyaman (meskipun lebih mahal)salah satunya sinar-X, karena tidak mungkin tubuh manusia di bongkar pasang.
Lantas, dimana matematika berperan? Matematika berperan dalam menghitung volume kanker. dan koordinat-koordinatnya dengan penerapan kalkulus (bisa integral cakram, cincin, lipat 2, bahakan lipat 3), karena umumnya sel kanker tidak mungkin bebentuk prisma, tabung, kerucut atau limas yang mudah sekali dihitung volumenya. Pasca itu dokter spesialis onkologi radiasi akan menghitung persamaan intensitas laser yang digunakan (salah hitung bisa bahaya, misal kasus pada kanker (maaf) payudara, kalau salah beberapa mm saja, atau intensitasnya kelebihan sedikit ada peluang kena jantung tuh laser, kalau intensitas kurang, sel kanker mungkin bisa jadi kebal). Memang tidak semua dokter spesialis onkologi radiasi dibantu oleh ahli dosimetri, yang matematikanya jago banget,

2. Aplikasi Matematika ( trigonometri) pada teknik sipil

Seorang ahli teknik sipil yang handal umumnya lebih mudah dipercaya daripada insinyur sipil yang biasa saja. Tapi tantangan seorang ahli insinyur harus bekerja sama untuk meciptakan kota indah, dengan perhitungan sudut-sudut yang super akurat, dengan sistem kurva yang benar-benar yang tak dijumpai dijumpai keslahan.
Seorang insinyur sipil hendaknya memiliki kemapuan untuk melakukan pembangunan di medan yang tidak biasa (miring, lautan dan lain-lain dll). Seperti halnya para dokter spesialis onkologi radiasi yang biasa dibantu para ahli dosimetri, maka insinyur sipil dibantu seorang surveyor. Tugas surveyor untuk melakukan pengamatan terhadapsistem geometris tanah yang kompleks (apalagi jika pembangunan akan dilakukan di laut).

dan masih banyak manfaat lainnya, so, jangan ragu lagi buat belajar matematika. Yakin deh, nggak ada ruginyaa..🙂

About Anggun Primadona

Anggun Primadona, 25 Februari 1993, FKIP Matematika 2011 Universitas Sriwijaya

Posted on March 5, 2013, in Mathematics. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Evi Sapinatul Bahriah

evisapinatulbahriah.wordpress.com

Ani Mutia K.

Celotehan Tya :)

Pendidikan Matematika

Sumber belajar matematika online

Aria Turns

Ada yang mau baca blog mengenai matematika, gak ya...??

Math Problem Cases

How mathematics should be learned

Mutiara Keluarga

"Berhentilah mengejar kesempurnaan, lakukan saja apa yang kau bisa, lalu perbaiki sambil belajar"..

Solmathman

Mathematics Resources in Education & Science for Students and Teachers site

Mathematics is in our lives

Just Enjoy Your Math

X-Math

Kalimat: Kumpulan Ilmu Matematika

BERMATEMATUALANG ( Belajar Matematika Unik, Asyik, Lucu, dan Menyenangkan)

Mathematics as a human activity (Freudhental : 1991)

xy - Math

Source and Share About Mathematics

MATHE

" Math Education Blog "

debynasriyansyah

A topnotch WordPress.com site

YU_Math

Karya Anak Matematika

CAMERA MATEMATIKA

Yunita Sari Manalu

Yeni Widiastuti

Smile! You’re at the best Mathematics site ever

P4MRI UNSRI

Potret Aktivitas PMRI di Unsri Sumsel

Smurf_Math ^.^

Always together with Math

Sebel Matematika

Senang Belajar Matematika

Super SoulMath

All about Education,Mathematics in ICT

METAMATIKA

matematika merangkai nusantara

Math's Rainbow

When you can see the beauty of mathematics

(MaBelMAT) Mari Belajar Matematika Bersama

FKIP MATEMATIKA UNIVERSITAS SRIWIJAYA

Math Zone

Merangkai Matematika Mengubah Dunia

%d bloggers like this: