Oh Ternyata..

Oh ternyata, titik itu tak pernah ada.

Oh ternyata di dunia ini bangun datar itu tak pernah ada.

Oh ternyata garis pun sama, tak pernah ada di kehidupan nyata.

Oh ternyata kita tidak bisa membuat bangun ruang yang sebenarnya di selember kertas.

Oh ternyata..

Mengapa bisa begitu?

TITIK

Nah dari pertanyaan diatas, mana yang bisa kita sebut titik? Apakah semuanya merupakan titik? Dari gambar diatas kamu bisa melihat dari “bulatan” terbesar hingga terkecil. Kalau saya menyebut gambar tersebut ” bulatan” atau ” lingkaran” ada yang mau marah atau protes? Ditunggu deh protesnya, bisa langsung komen ya.. Tapi harus alasan yang masuk akal. Muehehe.. Nggak lah bercanda.

Jadi gini deh, kalau saya bilang gambar diatas itu titik, itu salah besar!😀 saya bisa saja mengatakan itu lingkaran, karena saya yakin gambar diatas memiliki jari-jari. Tapi tunggu dulu, pendapat saya yang menyebutkan kalau gambar itu lingkaran bisa dipatahkan kalau saya tidak bisa menjamin jarak pusat ke kelilingnya sama. Iya kan?

Jadi gambar tersebut gambar apa? Ada salah satu teman saya yang menyebutnya adalah noda. haha😛

Saya juga tidak bisa menyebutkan secara pasti nama apa yang tepat untuk “noda”  tersebut. Tapi yang jelas secara kasat mata bisa dibilang sebuah titik.

Sebenarnya titik tidak didefinisikan, tidak berbentuk dan tidak mempunyai ukuran. Titik merupakan suatu ide yang abstrak. Sebuah titik dilukiskan dengan tanda noktah, kemudian dibubuhi dengan nama titik itu. Nama sebuah titik biasanya menggunakan huruf kapital seperti A, B, C, P, Q, R atau huruf apapun yang kamu inginkan.

Ada yang menyebutkan kalau titik itu adalah atom. Eits apakah atom tak mempunyai inti? Berarti pendapat tersebut masih bisa dipatahkan.

Intinya titik itu tak pernah ada dalam kehidupan nyata dan tidak bisa digambarkan secara pasti.🙂

Bangun Datar

guru

Simak percakapan dibawah ini.

Guru      : Coba sebutkan contoh-contoh bangun datar dalam kehidupan sehari-hari?

Siswa 1 : Papan tulis pak, berbentuk persegi panjang..

Guru     : iya betuul,, ada lagi?

Siswa 2 : uang logaaam, berbentuk lingkaran. terus kertas juga berbentuk persegi panjang.

Siswa 3 : Layang-layang juga pak..

Guru    : Waah semua anak murid bapak pintar.

Percakapan diatas mungkin berlangsung di ruang kelas siswa Sekolah dasar.

Percakapan di tempat lain

Guru : Ayo coba sebutkan contoh bangun datar dalam kehidupan sehari-hari!

Siswa : TIDAK ADA PAAAK… ( Semua siswa menjawab serentak)

Guru :🙂

Nah looh, percakapan diatas pasti terjadi diruang kelas mahasiswa pendidikan matematika.😀

Mengapa bisa demikian?

Jadi sebenarnya, tidak ada benda yang merupakan bangun datar. Selagi benda tersebut masih bisa dipegang dan dingkat. Berarti benda tersebut masih memiliki tebal. Bahkan selembar kertas pun tidak bisa disebut bangun datar.  kesimpulannya, bangun datar hanya bisa kita gambarkan. Tidak ada wujudnya dalam dunia nyata.

Begitupun dengan sebuah garis. Oh ya, jangan mau ya  kalau ada yang memintamu untuk mengukur garis. Karena itu perbuatan sia-sia. Terus mau pake apa ngukurnya. kecuali kalau diminta mengukur ruas garis. Nah kalau itu baru bisa.

Alasannya? Cari tau sendiri dong.😛

Nah kalau menggambar bangun ruang di selembar kertas? Ya, kita bisa menggambarkannya, tapi tidak bisa sama persis.

Nggak percaya? coba sendiri😀

Kalau contoh bangun ruang di kehidupan sehari-hari sih buanyaaak..

hihihi..

Semoga bisa menambah pengetahuan ya,, matematika itu asyik kaan..😀

About Anggun Primadona

Anggun Primadona, 25 Februari 1993, FKIP Matematika 2011 Universitas Sriwijaya

Posted on July 2, 2013, in Mathematics. Bookmark the permalink. 2 Comments.

  1. Sebenernya semua objek matematika itu gak ada , hanyalah konsep yg ada dikepala kita, bahkan bilangan 1,2,3.. juga tidak nyata, bilangan adalah konsep yg kita yg digunakan utuk mengukur dan mengitung. Itulah perbedaan mendasar Matematika dengan ilmu lain

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Evi Sapinatul Bahriah

evisapinatulbahriah.wordpress.com

Ani Mutia K.

Celotehan Tya :)

Pendidikan Matematika

Sumber belajar matematika online

Aria Turns

Ada yang mau baca blog mengenai matematika, gak ya...??

Math Problem Cases

How mathematics should be learned

Mutiara Keluarga

"Berhentilah mengejar kesempurnaan, lakukan saja apa yang kau bisa, lalu perbaiki sambil belajar"..

Solmathman

Mathematics Resources in Education & Science for Students and Teachers site

Mathematics is in our lives

Just Enjoy Your Math

X-Math

Kalimat: Kumpulan Ilmu Matematika

BERMATEMATUALANG ( Belajar Matematika Unik, Asyik, Lucu, dan Menyenangkan)

Mathematics as a human activity (Freudhental : 1991)

xy - Math

Source and Share About Mathematics

MATHE

" Math Education Blog "

debynasriyansyah

A topnotch WordPress.com site

YU_Math

Karya Anak Matematika

CAMERA MATEMATIKA

Yunita Sari Manalu

Yeni Widiastuti

Smile! You’re at the best Mathematics site ever

P4MRI UNSRI

Potret Aktivitas PMRI di Unsri Sumsel

Smurf_Math ^.^

Always together with Math

Sebel Matematika

Senang Belajar Matematika

Super SoulMath

All about Education,Mathematics in ICT

METAMATIKA

matematika merangkai nusantara

Math's Rainbow

When you can see the beauty of mathematics

(MaBelMAT) Mari Belajar Matematika Bersama

FKIP MATEMATIKA UNIVERSITAS SRIWIJAYA

Math Zone

Merangkai Matematika Mengubah Dunia

%d bloggers like this: