Kuatnya Perempuan dan Kuatnya Laki-laki

Pagi yang sejuk dan begitu menenangkan. Mentari besinar tak terlalu menyengat, similir angin membuatku bertambah semangat untuk menuliskan untaian kata yang akan terangkai menjadi suatu kisah. Kampusku memiliki banyak pohon rindang, duduk dibawahnya sambil menumpahkan ide dan pemikiranku ke dalam sebuah tulisan adalah suatu hal yang aku sangat sukai.

Para mahasiswa hilir mudik tepat di depanku, hiruk pikuk suasana kampus tampak jelas di depan mata zohirku. Diantara mereka ada yang begitu sigap melangkahkan kakinya seakan tak mau sedikitpun wktunya terbuang, ada yang berjalan sambil menelpon saking sibuknya, sekedar nongkrong bersama teman-temannya pun ada disini. Tapi mataku tertuju pada interaksi seorang wanita dengan teman laki-lakinya, ia bercanda sembari menepuk-nepuk pundak temannya itu lalu tertawa nyinyir seketika kemudian tertawa lepas. Aku perhatikan obrolan mereka semakin asyik. Mereka sudah seperti saudara, saling menyentuh menjadi lumrah. Ya, maksudku disini menyentuh bukan berkonotosi se ekstrim itu. Sang wanita selalu memukul pundak teman laki-lakinya itu sembari bercanda. Ini mengusikku! Bukan aku tak iku bahagia melihat keceriaan mereka, bukan pula aku ingin ikut campur atau mengganggu interaksi mereka. Tapi entah batinku memberontak. aku teringat pada sebuah hadist yang artinya :

Dari Abu Said Al Khudri r.a, katanya, Aku mendengar Rasulullah saw bersabda ” Siapa diantara kamu melihat kemungkaran maka hendaklah ia mencegah dengan tangannya, sekiranya dia tidak mampu hendaklah dia mencegah dengan lidahnya, sekiranya ia tidak mampu maka dengan hatinya, dan itulah selemah-lemah iman” Hadist Sahih Riwayat Muslim

Lalu apakah yang sedang aku lihat ini adalah sebuah kemungkaran?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia , Mungkar artinya melanggar perintah Tuhan.

Sekarang kita berfikir kembali, apakah hal tersebut melanggar perintah Allah swt?

Allah berfirman :

Katakanlah kepada orang laki-laki yang beriman: “Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya; yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat”. Katakanlah kepada wanita yang beriman: “Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya” [QS. An-Nuur : 30-31].

Allah memerintahkan kita untuk menjaga pandangan, baik itu laki-laki maupun perempuan. Menjaga pandangan dari hal-hal yang diharamkan. Bukankah menyentuh seseorang yang bukan mahram itu jelas hukumnya adalah haram.

Lalu apa yang seharusnya kita lakukakn, untuk perempuan maupun laki-laki hendaklah kita memperkaya diri kita dengan ilmu. Ilmu akan menuntun kita ke arah cahaya kebenaran. Dengan ilmu kita akan paham apa-apa saja yang Allah murka dan apa-apa yang Allah ridho.

untukmu wahai wanita nan soleha, dirimu itu indah. Allah menciptakan dirimu dengan berbagai keindahan. Saking indahnya banyak laki-laki yang bisa terjerumus karena pesonamu. Jaga dirimu agar tidak menjadi penyebab dosa bagi laki-laki. Terkadang, bukan salah laki-laki jika ia berlaku kurang sopan dan tidak menghargaimu. seringkali kamulah yang tidak mengahargai dirimu sendiri. Jangan menjadi penggoda iman laki-laki, tutup auratmu, jaga ucapan dan tingkah lakumu. Biarlah engkau dikata sombong oleh mereka kaum pria daripada Allah murka. Jika mereka paham bahwa sikapmu untuk menjaga hati mereka dari penyakit, tentulah mereka akan berterima kasih.

Bukankah Allah melarang dirimu untuk melembut-lembutkan suara? Allah berfirman :

Maka janganlah kalian tunduk (melemah lembutkan suara) dalam berbicara sehingga bangkit nafsu orang yang ada penyakit dalam hatinya, dan ucapkanlah perkataan yang baik.” [Al Ahzab: 32]

Sungguh banyak tersimpan fitnah bagi laki-laki di dalam diri perempuan. Rasa malu adalah perhiasan bagi wanita, maka peliharalah rasa malu itu.

Kuatnya perempuan bukan dari bagaimana ia bisa menaklukan berjuta pria dengan pesonanya, tapi bagaimana ia bisa menjaga dirinya agar terhindar dari dosa.

Kuatnya perempuan bukan dari suara lembut mendayu dayu nan menggoda, tapi bagaiamana ia bisa bersikap tegas dan santun saat berhadapan dengan laki-laki yang bukan mahramnya,

Kuatnya perempuan bukan dari kepiawaiannya menbujuk pria agar mengantarnya ke rumah, tapi bagaimana ia bisa mandiri dan yakin Allah selalu mengawasinya.

 

Dan teruntuk kaum adam.

Perkayalah dirimu dengan ilmu, sekuat apapun godaan setan melalui wanita tidak akan meruntuhkan keimananmu jika kau memiliki ilmu. Engkau paham betul bahwa Allah memerintahkan untuk menjaga pandangan.

Perempuan tak akan berani menggodamu jika kau tegas terhadap tingkah mereka. Tak akan berani mereka menyentuh apalagi bermanja-manja denganmu jika mereka tau engakau tak akan melayaninya.

Kuatnya laki-laki bukan dari bagaimana ia memiliki banyak teman perempuan, tetapi bagaimana ia mampu menjaga hatinya dari fitnah perempuan yang bukan mahramnya.

Kuatnya laki-laki bukan dari bagaimana kepiawaannya membuat teman wanitanya tersenyum dan tertawa, tetapi bagaimana ia mampu menjaga kehormatan dan menghargai wanita.

Kuatnya laki-laki bukan dari bagaimana ia bisa menjadi pahlawan dalam memberikan tumpangan bagi rekan wanitanya, tapi bagaimana ia bisa menjaga dirinya dari fitnah perempuan yang bukan mahramnya,

Kuatnya laki-laki bukan dari keahliannya menggombal dan tebar pesona, tapi bagaimana ia bisa menjaga dirinya dan perkataannya untuk bidadarinya kelak.

 

Wallahualam bi showab.

About Anggun Primadona

Anggun Primadona, 25 Februari 1993, FKIP Matematika 2011 Universitas Sriwijaya

Posted on August 28, 2013, in Islam. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Evi Sapinatul Bahriah

evisapinatulbahriah.wordpress.com

Ani Mutia K.

Celotehan Tya :)

Pendidikan Matematika

Sumber belajar matematika online

Aria Turns

Ada yang mau baca blog mengenai matematika, gak ya...??

Math Problem Cases

How mathematics should be learned

Mutiara Keluarga

"Berhentilah mengejar kesempurnaan, lakukan saja apa yang kau bisa, lalu perbaiki sambil belajar"..

Solmathman

Mathematics Resources in Education & Science for Students and Teachers site

Mathematics is in our lives

Just Enjoy Your Math

X-Math

Kalimat: Kumpulan Ilmu Matematika

BERMATEMATUALANG ( Belajar Matematika Unik, Asyik, Lucu, dan Menyenangkan)

Mathematics as a human activity (Freudhental : 1991)

xy - Math

Source and Share About Mathematics

MATHE

" Math Education Blog "

debynasriyansyah

A topnotch WordPress.com site

YU_Math

Karya Anak Matematika

CAMERA MATEMATIKA

Yunita Sari Manalu

Yeni Widiastuti

Smile! You’re at the best Mathematics site ever

P4MRI UNSRI

Potret Aktivitas PMRI di Unsri Sumsel

Smurf_Math ^.^

Always together with Math

Sebel Matematika

Senang Belajar Matematika

Super SoulMath

All about Education,Mathematics in ICT

METAMATIKA

matematika merangkai nusantara

Math's Rainbow

When you can see the beauty of mathematics

(MaBelMAT) Mari Belajar Matematika Bersama

FKIP MATEMATIKA UNIVERSITAS SRIWIJAYA

Math Zone

Merangkai Matematika Mengubah Dunia

%d bloggers like this: