L.I.S.A.N

Assalamu’alaykuum…

Semoga Allah tak bosan mengetuk hati-hati kita agar selalu cinta kepada kebaikan.

Tertegun aku melihat masjid bernama Al- Fallah, dan itu bukan tanpa alasan. Kemarin sepulang bimbingan skripsi aku bertemu dengan dua orang lelaki berjaket kulit berwarna hitam. Mereka membawa cukup banyak barang. Ternyata kami pun menaikki angkot yang sama, Mulanya aku mengira kedua orang ini penghuni lama Kota Palembang, namun ternyata mereka memberikan secarik kertas kepada pak sopir dan minta diantarkan ke alamat yang tertera. Pak Sopir masih sedikit ragu dengan alamat yang dimaksud. Sopir pun langsung bertanya kepada penumpang yang duduk disebelahnya. Jelas kudengar mereka menyebut Masjid Al-Fallah. Sontak seorang ibu-ibu yang duduk disampingku dengan yakin mengatakan masjid itu berada di simpang angkatan 66. Aku yang tak tau pun memilih bungkam. Si bapak terlihat lega setelah mendengar ada yang mengetahui tempat tujuannya itu.

Angkot yang kutumpangi ini tidak bisa dikategorikan lamban, menyalip sepertinya sudah menjadi keahlian si pemegang setir. Setelah melewati lampu merah di simpang polda, teman si bapak berjaket kulit pun meminta sopir untuk berhenti karena dia melihat Masjid Al-Fallah itu di pinggir jalan. Sang Sopir mengurangi kecepatan dan bertanya, ” Stop ya?.” . Ibu yang duduk disebelah saya pun berkata dengan intonasi yang bagi saya cukup tinggi, ” Ini simpang Polda, bukan simpang angkatan 66. Masih jauh, sabar-sabarlah b. kagek dianter.” Melihat sang ibu sangat yakin dan temannya tadi kurang yakin, jadi angkot pun tidak jadi berhenti. Ku dengar mereka berdua berkata, ” Semoga cepat ketemu alamatnya, bisa bangkrut kalo kali ini salah lagi.”

Pikirku saat itu, ” Alangkah kasiannya mereka berdua, mungkin sudah berkali-kali naik angkot tapi belum juga sampai ke tujuan.”. Memang seingatku di simpang angkatan 66 ada sebuah masjid tapi aku lupa namanya.

Akhirnya sampailah di simpang angkatan 66 dan mereka berdua pun turun. Jelas ku lihat keduanya sudah sangat lelah. Kulihat si bapak memberi uang 10 ribu kepada sopir. Ketika akan diberi kembalian uangnya beliau pun menolak. Ya, seharusnya kembali 4ribu. Mungkin itu ucapan terima kasihnya atas kebaikan sopir yang telah rela ia repotkan. Sang sopir pun tak lupa juga berterima kasih.

Aku ikut senang melihat keduanya sedikit lagi sampai ke tempat tujuan. Mungkin karena akujuga pernah berada di posisi mereka.

Pagi tadi ketika berangkat menuju tempatku praktik mengajar kebetulan aku melewati masjid simpang angkatan 66 itu. Mataku langsung tertuju ke ukiran nama masjid  ” AL- FATTAH”. Ku ulangi lagi mengeja ” AL-FATTAH” Yaa, nama masjid itu Al-Fattah bukan Al-Fallah. Seketika langsung terbayang muka lelah kedua bapak yang aku temui kemarin. ” Kasihan mereka berdua, mungkin mereka kecewa karena salah tempat untuk kesekian kalinya.” bisikku dalam hati.

Sore tadi, sepulang praktik mengajar dan UTS di kampus kebetulan aku melewati jalan yang sama seperti kemarin. Ketika melewati simpang polda aku melihat masjid di pinggir jalan. Nama masjid terpampang cuku besar di depan. ” AL-FALLAH “. “Astaghfirullah, ternyata masjid yang dilihat oleh teman si bapak berjaket kulit itu benar bernama Al-Fallah.” aku tertegun dan seketika melamun ke arah jalan.

Sepanjang perjalanan aku mencoba untuk mencari hikmah dari kisah yang aku lihat sendiri. Allah selalu punya cara untuk memberi pelajaran kepada hambanya. Aku pun langsung menyadari bahwa perilaku/sikap sok tau sangat berbahaya. Apalagi menyangkut kepentingan orang lain. Jika kita belum yakin dengan apa yang kita ucapkan, sebaiknya jangan berani untuk mengucapkannya. Apalagi dengan nada teramat yakin. Aku tidak sepenuhnya menyalahkan ibu-ibu penunjuk jalan itu, karena memang nama kedua masjid itu benar-benar mirip. Dari kejadian ini aku bisa belajar bahwa amanah berupa mulut dan lidah ini harus benar-benar dijaga. Selain itu, ilmu menjadi bagian yang sangat penting sebelum kita menyampaikan sesuatu. Ilmu tanpa amal itu sia-sia, dan amal tanpa ilmu itu sangat berbahaya.

Semoga Allah menjadikan diri kita cerdas dalam mengambil pelajaran. Aamiin..

About Anggun Primadona

Anggun Primadona, 25 Februari 1993, FKIP Matematika 2011 Universitas Sriwijaya

Posted on October 11, 2014, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Evi Sapinatul Bahriah

evisapinatulbahriah.wordpress.com

Ani Mutia K.

Celotehan Tya :)

Pendidikan Matematika

Sumber belajar matematika online

Aria Turns

Ada yang mau baca blog mengenai matematika, gak ya...??

Math Problem Cases

How mathematics should be learned

Mutiara Keluarga

"Berhentilah mengejar kesempurnaan, lakukan saja apa yang kau bisa, lalu perbaiki sambil belajar"..

Solmathman

Mathematics Resources in Education & Science for Students and Teachers site

Mathematics is in our lives

Just Enjoy Your Math

X-Math

Kalimat: Kumpulan Ilmu Matematika

BERMATEMATUALANG ( Belajar Matematika Unik, Asyik, Lucu, dan Menyenangkan)

Mathematics as a human activity (Freudhental : 1991)

xy - Math

Source and Share About Mathematics

MATHE

" Math Education Blog "

debynasriyansyah

A topnotch WordPress.com site

YU_Math

Karya Anak Matematika

CAMERA MATEMATIKA

Yunita Sari Manalu

Yeni Widiastuti

Smile! You’re at the best Mathematics site ever

P4MRI UNSRI

Potret Aktivitas PMRI di Unsri Sumsel

Smurf_Math ^.^

Always together with Math

Sebel Matematika

Senang Belajar Matematika

Super SoulMath

All about Education,Mathematics in ICT

METAMATIKA

matematika merangkai nusantara

Math's Rainbow

When you can see the beauty of mathematics

(MaBelMAT) Mari Belajar Matematika Bersama

FKIP MATEMATIKA UNIVERSITAS SRIWIJAYA

Math Zone

Merangkai Matematika Mengubah Dunia

%d bloggers like this: